Welcome Note

Da Dreamin Girl Said Welcome... Annyeong Haseyoo... Ohayoo Gozaimasu... Ni Hao... Yeoboseo....

Selasa, 14 Juni 2011

Beijing's Adventure 1

Day 1 (Tuesday, 141210)
Hari ini mulai deh jalan di Beijing.....Diiiingiiiiinnnn.... suhu sering minus, palagi kalo malem. Masih untung ga ada angin, kalo ada....Wuih, paling males keluar rumah dehh...

Hari pertama, gue jalan2 keluar Qing He, pohon2 tinggal ranting, nafas jadi asap, jaket tebel, syal di leher, jalan sambil masukin tangan ke kantong jaket....duuuuhhh kaya drama bangets, yang kurang tinggal Kim Jun-nya aja deh...hehehe..

Baru sebentar jalan... eh ada yang jual Cumi Bakar....Yiipiiiieeeee!!!!! Seneng banget deh! Soalnya, gue paling suka mahluk laut yang satu itu (Watch out squid ward...hehehe) Penjualnya ngeliatin gue, dipikirnya mahluk apa ini ya (soalnya gue jingkrak2 seneng didepan dia gitu...norak khan?) trus dia tanya: Bla..bla...bla...bla....pake bahasa Cina gitu, nah lo?? Gue cuma bisa cengo' sambil mangap, akhirnya dia nyerah (atau mungkin mikir 'nih alien ga bisa bahasa Cina, mending diem kalo ga gue dimakan lagi') Xixixi.....dia cuma bakarin cumi trus ngasih ke gue.

Bayarnya agak bingung juga sih, cuz ga ngerti yuan, n masih ga biasa megang duit aneh kali ya, akhirnya gue kasih 10 yuan...eh kembali deh...harga cumi bakar saat ini masih 1 yuan (sekitar 1500) sodara2! Yang ada kepalanya 2 yuan....muraaahhhh yaaaa? (mesti makan tiap hari nih!)

Setelah itu aq ma mba Endang n Mas Andy Jalan2 ke Carefournya Beijing. Mereka nyaranin agar gue beli kartu bus aja. Disini semua bus or subway pake kartu. Kalo kita ga pake kartu di Bus kita disuruh bayar 1 yuan, sementara kalo pake kartu cuma 0,4 yuan (sekitar 600 perak!). Wah, mending pake kartu khan? Kalo subway, pake or ga pake must bayar 2 yuan, tapi pintu palang subway harus di buka dengan cara mendeteksi kartu, jadi....intinya mah kalo kita mau enak jalan2 di Beijing (or seluruh China, I think) kita harus punya kartu! Jadilah sebelum masuk Carefour kita masuk stasiun buat beli kartu. Harganya 20 Yuan, terus harus diisi lagi (kaya ngisi pulsa gitu) gue isi kartu dengan 30 yuan.

Abis itu, langsung deh kita masuk mall .....Wuiiihhh... supermalnya sebetulnya sama kaya di Indo, cuma banyak banget barang2 unik n aneh (mungkin karena ga pernah liat aja yah?)

Sayuran segernya gede2 banget, buah2annya bikin ngiler, macem2 jamur, sampee...daging n sosis babi yang kelihatannya menggiurkan banget...tapiii...ih  baunya engga banget deh! Mungkin bagi yang makan baunya harum banget, but gue duuuhhh baunya bikin mual soalnya gue ga makan babi (secara agama Islam yang ku anut juga mengharamkan daging babi) Wah, mending menghindar aja deh dari zona pig to pig ini...Hiiiiii......

Dari area makanan, pindah deh ke area minuman... waahhhh kalo ini seger2 banget lho! Cuma harus bisa milih yaaa....soalnya banyak minuman yang mengandung alkohol (walau ada zonanya sendiri sih)
Disini gue sempet beli sepatu hangat (harganya 29,90 yuan) soalnya diluar dingin, jadi seluruh yang kita pakai harus menyesuaikan. Bis itu, kita foto2 deh diluar mall...hiii diiingiiinn...Brrrrrr...

 Akhirnya dikasih waktu buat narsis di depan Carrefour China sendirian nih...:)


Day 2 (Wednesday, 151210)
Hari ini gue, mba Endang n MasAndy jalan2 keluar ke daerah Qing He naik bus way, disini semua pake kartu boo, sambil mikir kalo aja indonesia mau ngikutin kaya disini pengaturan angkotnya, asik banget yaaa....masuk bis tinggal tempel kartu, subway (kereta bawah tanah) juga...kereeennn, nit! (bunyi mesin kartu) Jalan! Nit! Jalan! Modern banget deh.

Teratur lagi karena mereka ga naik turunin penumpang sembarangan lho. Harus di halte, jadi kalo rumahnya jauh dari halte, harus olahraga dulu...(Hmmm, rupanya ini rahasia kenapa banyak orang Cina yang langsing2 ....hehehe)

Setibanya di daerah Wei Gong Chu, kita mampir dirumah salah seorang temen kita dulu namanya Mega n Andika, mereka mau nitipin anaknya yang luuuccuuuuu banget, namanya Darrel. Anaknya lucu n cakep kaya emak bapaknya (ya iya laahh).

Setelah itu kita main ke Wu Market. Wu market masih sejenis mall juga tapi lebih kecil lho...disini gue ditraktir Xiabu-Xiabu (nama Jepang, rasa China lhoo) Nyamm...nyaammmm, enak banget! Cuma sempet nyeplus lada Cina, getir, pahit, ga enak banget! Mulai saat itu gue menetapkan lada China adalah musuh! Disini makannya kaya Jepang juga, kita rebus n masak sendiri (makan sendiri juga lho, masak disuapin...hehehe) Nah ini resep kedua  orang2 China pada kurus...makannya rebus2an n kebayakan sayur lho! (catet nih resep2nya!)

Makannya pake bumbu mirip sambel kacang, cuma disini kacangnya diganti wijen, namanya 'ma ciang'. Nah, ma ciang ini boleh nambah sepuasnya lho (bungkus pertama aja yang dihargai 2 yuan) Nah lo, orang Indo dikasih gratisan, langsung tancaaapppp...... akhirnya mabok ma ciang deh...(Puasss....) Eh, kita sempet salah pesen lho, kita disajiin blood duck alias darah bebek beku (Wuaduuuhhh!!) Karena kita ga ada yang makan darah, jadi kita tinggal aja deehhh....Hiiii syereemmm. Biz itu kita pulang deh. Kenyang!


Celup..celup...rebus..rebus...makan...makan...Lazizzz....




Day 3 (Thursday, 161210)
Hari ini gue, mba Endang, Mas Andy n dua sahabatnya Mba Yenny n Mas Agung pergi ke Wang Fu Jin...Asiiikkkk. Finally naek subway juga ke Wang Fu Jin.

 Waiting for my Kim Jun dibawah ranting pohon Wang Fu Jin (Ampe mabok juga ga bakalan dateng deh, secara dia di Korea...gitchuuu)

Wang Fu Jin ini sodara2, adalah the street marketnya para turis. Disini banyak mall n penjual2 makanan or souvenir. Pokoknya dari barang yang murah sampe yang mahal ada disni nih. Disni juga banyak yang jual makanan lho. Dari yang normal macam permen2 lucu sampe yang rada2 mengerikan yaitu....kecoak, kelabang, n bintang laut bakar! Hiiiiii.........siapa yang berani uji nyali makan ini???

Oh iya, disini juga jual makanan halal n yang paling seru, gue nemu makanan korea yang ada di princess hour lho! Itu lho yang dimakan Yool pas pergi keluar sekolah sama Chae Gyeong yang nyamar pake kacamata, so pasti langsung beli dooonk (Dasar Korea maniak juga niihhh...)

Nyoba makanan Chae Gyeong di Princess Hours! Yool....saranghae...eh Wo ai ni!! Ni ai wo ma???

Puas jalan2 di tourist marketnya, kita masuk ke dalam mallnya (bis diluar dingiiinnn banget n banyak angiinn...Brrrrr) Waw! Seperti layaknya mal2 lainnya disini barang2 agak mahal (eh...Muaahhaaaalllll, masuk ke mall gede siiihh) masak baju bisa sampe 3000 yuan lebih (wah, itu sih harga tiket pesawat Jakarta-China pulang pergi!) So pasti, kagak ada yang beli apapun disini...hehehe...

Setelah puas jalan2 di Wang Fu Jin (ma narsis2an tentu!) kita pulang naik subway lagi. Ahkirnyaaaa....disini bisa nyobain beli minuman yang pake mesin minuman gitu loh...(noraks yaaa....) trus sempet2nya narsis2an didepan kereta mo lewat. Tapi disini tertib banget lho, rel kereta tertutup dan cuma dibuka kalo kereta lewat aja.

Tapiii...harus kuat jalan coz tangga turun naiknya tinggiii banget, hiii ga kebayang deh, kalo sampe ada longsor (mudah2an ga ada yaa...) Nah, ini lah resep ketiga langsingnya orang2 China ...turun naek tangga boo, jangan pake eskalator melulu! (yang satu n dua dah pada dicatet belom? kalo belom tunggu artikelnya dimajalah2 kesayangan anda..hehehe) Pulang2 pada langsung teler deh, capeeee.......





Day 4 (Friday, 171210)
Saatnya bersih2! Cuci baju biar punya ganti lagi (persediaan terbatas siiih) n mandi juga (ketahuan deh selama winter biasanya orang2 males mandi....hehehe) Bis itu nonton film dari internet deh....Kalo disini internetnya cepet loading lho, ga perlu nunggu lama banget...ah coba internet di Jakarta juga gini yaa....
Hmmm...next trip kemana ya??


Day 5 (Saturday, 181210)
Hmmm....baru kali ini jalan2 sendirian di Qing He. Pagi2 (pa siang ya? soalnya dah jam 1 siang gitu...) dah brunch (breakfast n lunch) di rumah makan muslim didaerah Qing He. Seperti biasa sodara2 porsinya buaannnyaaakk banget.... Hufff, kenyang banget makan porsi makanan di sini. Kalo masih sisa bisa kita bungkus lho, nah kalo pengen bungkus kita tinggal bilang 'ta pau' aja deehh...

Everybody, sekedar pengetahuan aja nih, Bei jing tuh punya daerah2 yang di sebut 'ring' (bukan film horror itu lhoo...) Ring di Bei Jing ada 6, Qing He ada disekitar ring 5 deh, yang berarti lumayan jauh dari ring 1 (pusat), jadi semakin jauh ringnya, maka semakin jauh dari pusat kota. Keuntungannya sih, biasanya (walau jarang banget), sewa rumah di sini lumayan murah, jajanan juga lumayan murah....tapiiii...jaauuuhhh banget dari pusat sehingga kita kalo kita ada perlu di ring 1 harus naik busway or subway yang lumayan jauh gitu deh.

Udara saat gue jalan2 sangat2 dingiiinn...angin lumayan kenceng...hiii diiingin banget. Gue jalan2 ditaman dekat rumah. Di sana banyak orang2 tua yang sedang bermain kartu atau catur...kayanya seruuu banget. Banyak juga orang2 yang bawa hewan peliharaan (mostly dog) yang keliling2 taman sambil jalan2. Puas jalan2 ditaman, gue beli my favorite food, apalagi kalo bukan..... (benar sekali sodara2!) CUMI BAKAAARR!!!!!...... Enaaakkkk...!!!

Tukangnya nanya (kayanya sih) kok gue sendirian? Gue jawab 'Hao, meio feng yao (iya, ga ada teman)...' Hehehe...ternyata bisa juga jawab pake bahasa Cina deh.... Hmmm... Next trip kemana ya? Oh iya, hari Minggunya ada undangan makan2 dari teman2 Indo di Niu Jie nih... kalo gitu harus bersambung ke adventure 2 nih....see you!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar